BerandaNewsSurvei LSI, Cak Imin Jadi Cawapres Terpopuler untuk Pilpres 2019

Survei LSI, Cak Imin Jadi Cawapres Terpopuler untuk Pilpres 2019

- Advertisement -

JAKARTA, GAGASANACEH.COM – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan bahwa Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menduduki peringkat empat dan lima partai dengan elektabilitas tertinggi. Namun margin perolehan skor dua partai ini hanya berselih 0,2 persen.

Lingkaran Survei Indonesia Network merilis hasil survei mengenai calon yang cocok menjadi pendamping Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Hasilnya, terdapat lima tokoh yang diprediksi pantas digandeng Jokowi dan Prabowo.

kandidat tersebut beragama Islam di antaranya Muhaimin Iskandar, Romahurmuziy, Sohibul Iman, TGB M. Zainul Majdi, dan Zulkifli Hasan.

“Nama Cak Imin memiliki tingkat pengenalan paling tinggi dengan 32,4 persen, lalu Zulkifli Hasan 22,3 persen,” kata Peneliti LSI Taufik Febri W dalam diskusi bertajuk ‘Menemukan Tokoh Muda dan Islami’ di Bakoel Koffe, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2018).

Dari survei yang dilakukan pada Desember 2017 lalu, LSI juga menanyakan soal penting tidaknya isu agama dalam berpolitik di Indonesia.

“Sentimen agama semakin penting, yang menyatakan sentimen agama penting itu terus menarik dari 40 persen pada Maret 2016 ke 71,4 persen pada Januari 2017,” kata Taufik.

Taufik mengatakan isu agama yang terus meningkat ini akan berpengaruh pada tokoh yang mau maju dalam pemilihan presiden tahun 2019 nanti.

Meski Joko Widodo merupakan kandidat capres terkuat, namun kemenangannya akan berpengaruh apabila memilih calon wakil yang salah.

“Menguatnya sentimen agama menuntut kedua tokoh yang dinilai nasionalis ini agar mencari pendamping dari kalangan Islam yang religius,” katanya.

Sumber: tribunnews.com

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.