Pokok-pokok Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo

0
250
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyakini Indonesia mampu keluar dari klasifikasi negara berpenghasilan menengah (middle income trap) menjadi negara maju pada tahun 2045. Hal itu menurutnya dapat direaliasikan mengingat Indonesia memiliki potensi yang besar dalam sumber daya manusia yakni bonus demografi.
Jokowi bersama dengan Prabowo Subianto seusai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024, di Jakarta

GAGASANACEH.COM, Jakarta, Berikut adalah pokok-pokok Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR (14/8/2020):

1. Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045

2. Mempercepat reformasi perawatan kesehatan: meningkatkan pencegahan penyakit, meningkatkan perawatan kesehatan & kapasitas farmasi, mendukung gaya hidup sehat.

3. Mengamankan ketahanan pangan. Memastikan rantai pasokan yang tepat dari produksi hulu hingga produksi hilir. Pemerintah sudah mulai mengembangkan food estate di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara bermitra dengan swasta.

4. Upaya pembenahan struktur transaksi berjalan dengan cara:

-Biofuel: Setelah suksesnya B-20 pada 2019, pemerintah akan terus menerapkan kebijakan B-30 pada 2020. Pertamina juga telah mampu menciptakan D-100 (solar 100% dari minyak sawit) dalam uji coba produksi di 2 kilang. Pemerintah melihat produksi D-100 dalam jangka menengah bisa mencapai 20.000 barel per hari yang mampu menyerap 1 juta minyak sawit.

-Melanjutkan proyek hilir sumber daya alam: gasifikasi batubara, penyulingan minyak dan peleburan nikel. Pemerintah bertujuan agar Indonesia dapat menjadi pusat pengembangan baterai litium dan kendaraan listrik di masa mendatang

5. Pembangunan Koridor Ekonomi Super Pesisir Jawa Utara. Termasuk kawasan industri di Batang, Subang dan Majalengka. Koridor super ekonomi serupa juga akan dibuat di wilayah lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.