Pesan untuk Google Indonesia dari Mendikbud Nadiem dan Menkominfo Johnny

0
19
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menghadiri acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Dalam sambutan mereka, baik Nadiem maupun Johnny menitipkan pesan kepada Google Indonesia. Nadiem menyoroti bagaimana teknologi penting bagi dunia pendidikan. Menurut dia, Indonesia membutuhkan
Menkominfo Johnny G Plate (kedua dari kiri), Mendikbud Nadiem Makarim (ketiga dari kiri), dan Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf (ketiga dari kanan) berfoto dalam acara Google for Indonesia, Rabu (20/11/2019).(KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI)

GAGASANACEH.COM, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menghadiri acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (20/11). Dalam sambutan mereka, baik Nadiem maupun Johnny menitipkan pesan kepada Google Indonesia.

Nadiem menyoroti bagaimana teknologi penting bagi dunia pendidikan. Menurut dia, Indonesia membutuhkan “shortcut” atau jalan lintas yang didukung teknologi untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Ia juga meminta Google menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas pertama bagi Google. Utamanya untuk program pendidikan digital yang baru diluncurkan, yakni “Bangkit”.

Bangkit sendiri merupakan program baru Google yang akan memberikan pelatihan machine learning bagi 200-300 peserta. “Jangan cuma 300, kita harus berpikir bagaimana program ini bisa sampai 300.000 anak,” jelas Nadiem.

Nadiem, yang tahun sebelumnya juga pernah hadir di acara ini sebagai CEO Gojek, menyampaikan kepada para perusahaan startup agar tidak segan meminta kepada pemerintah mengenai apa saja yang dibutuhkan.

Sementara itu, Menkominfo Johnny menyoroti soal keamanan data pribadi pengguna. Dalam sambutannya, Johnny kembali menekankan pentingnya undang-undang perlindungan data pribadi dan data centre lokal.

“Mari kita sama-sama siapkan data centre di teritorial Indonesia yang terintegrasi,” kata Johnny. Hal tersebut, menurut Johnny, dibutuhkan demi menjaga kedaulatan data di Indonesia. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Sumber: Kontan.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.