Menteri Desa Ajak Santri Membangun Desa

0
191
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo

GAGASANACEH.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengajak santri-santri di seluruh Indonesia untuk berkontribusi membangun Desa, salah satunya dengan ikut memajukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ajakan itu disampaikan Mendes Eko Putro Sandjojo, saat berkunjung ke Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah, Condong, Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Senin (19/3).

“Oleh karena itu saya mengajak santri-santri ini untuk dilatih terlebih dahulu di BNI Bisnis University. Setidaknya akan ada 100 santri yang nantinya akan diturunkan ke desa-desa untuk mengawal. Setiap pesantren 100 santri,” kata Mendes Eko.

Ia menyebutkan, “Output dari pelatihan tersebut terbentuk jiwa entrepreneurship dan membantu tata kelola administratif di BUMDes.

Menurut Eko, para santri harus aktif untuk membangun Desa. Ia menyakini bahwa santri mampu memberi solusi dalam membangun Desa, “Sudah waktunya kader dan santri mendapat perhatian yang lebih dari bangsa. Sudah waktunya kita mendukung kader. Ponpes ini sangat besar dan modern,” katanya.

Sementara itu, Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman meyakini, banyaknya jumlah pesantren di kotanya akan melahirkan santri-santri yang berkualitas dan kreatif. Dalam catatannya, setidaknya terdapat 267 pesantren di Tasikmalaya. Selain itu, dirinya juga berpesan agar para santri siap untuk terjun ke dunia kewirausahaan untuk turut memajukan desa-desa di lingkungannya.

“Pesantren Condong sangat istiqamah, jadilah santri yang kratif. Santri mampu menjadi yang terdepan. Kalian harus siap jadi santri entrepreneur,” pesannya.

Kemendes PDTT mencatat, hingga akhir tahun 2017 lalu, pertumbuhan BUMDes sudah mencapai 32.249 unit. Terdapat tiga unit usaha utama dalam pengelolaannya, yakni unit usaha layanan, unit usaha perdagangan dan jasa, dan unit usaha keuangan desa. Untuk semakin menguatkan manajemen BUMDes, pelatihan manajemen operasional usaha, serta penguatan teknologi dan etika usaha terus dilakukan. Peran tersebut dilakukan oleh PT. Mitra BUMDes Nusantara (MBN) yang terdiri dari BULOG, BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.