Menkop UKM: BUMDes Diharapkan Berbentuk Koperasi

0
231
Menkop UKM Teten Masduki saat membuka Munas Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Senin (11/11) di Makassar/Foto: Depkop.go.id

GAGASANACEH.COM – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan saat ini kapitalisme dunia telah menembus seluruh ruang ekonomi termasuk di Indonesia. Keberadaan koperasi menjadi kekuatan yang mampu memproteksi pasar dari praktik kapitalisme.

“Koperasi bisa memproteksi ekonomi pasar dari kapitalisme dunia, yang hampir tidak ada lagi ruang yang tidak ditembus oleh mereka,” kata Menkop UKM saat membuka Munas Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) di Makassar, Senin (11/11/2019).

Dilansir dari laman resmi Kemenkop UKM, menurut Menteri Teten kendati kapitalisme sudah menguasai pasar dalam negeri, namun penetrasi kapitalisme ke desa masih belum dominan. Itu sebabnya, program pemerintah menyalurkan dana desa hingga Rp1 miliar per desa agar desa mampu berkembang melalui potensi yang dimilikinya.

Perekonomian rakyat di desa harus hidup. Jangan sampai produk industri menguasai desa yang akibatnya akan menyedot dana dari desa kembali ke industri.

Menteri mengatakan dana desa selama ini telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) namun diharapkan Bumdes ke depan dapat berbentuk koperasi.

“Pak Jokowi menaruh harapan BUMDes itu harus dalam bentuk koperasi. Jangan BUMDes itu dikuasai oleh elit desa. Itu bahasa Pak Jokowi,” sebut Teten.

“Koperasi dan UMKM telah terbukti paling bertahan pada masa krisis tahun 1998. Saat ini, koperasi dan UMKM harus menunjukkan eksistensi dan kontribusinya bagi perekonomian nasional,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.