Kecamatan Pirak Timu Ibarat Gubuk di Ujung Kampung

0
223
Kondisi sawah kekeringan di Gampong Matang Keh, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (14/2/2018). (Foto: Goaceh/Sarina).

GAGASANACEH.COM – Keuchik Matang Keh, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Ismail, mengibaratkan Kecamatan Pirak Timu bagaikan sebuah gubuk yang terletak di penghujung desa yang luput dari perhatian pemerintah.

“Pirak Timu ini ibarat sebuah rumah di sudut kampung. Tidak pernah terlihat oleh pemerinta. Jauh dengan kabupaten sehingga segala keluh kesah tidak pernah tertampung secara penuh oleh pemerintah kita,” ucap Ismail, Rabu (14/2/2018).

Ismail mengatakan, sudah puluhan tahun, warga Pirak Timu, khususnya Gampong Matang Keh, mengusulkan irigasi untuk persawahan yang cukup lebar kawasan itu. Namun hingga detik ini belum ada yang menggubris usulan para petani itu, sehingga tidak ada kemerdekaan bagi mereka.

“Sudah habis air mata kami menangisi nasip dan penderitaan ini, tetapi belum juga ada bantuan untuk kami di wilayah terisolir ini. Semenjak saya lahir, tidak pernah bisa menikmati adanya air irigasi untuk persawahan,” sebutnya.

Camat Pirak Timu, Ismohar mengatakan, untuk langkah cepat mengatasi kekeringan itu, pihaknya akan segera melakukan pompanisasi dari sungai Pirak Timu ke sawah warga yang ada di Gampong Matang Keh dan Rayeuk Pange yang dilanda kekeringan.“Segera kita distribusikan air untuk warga ini dengan pompanisasi, sebenarnya hal itu tidak efesien selain diadakan irigasi oleh Pemerintah baik itu Provinsi maupun daerah,” imbuhnya.

Sumber: goaceh.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.