BerandaNewsPolitikHRD: NKRI Tidak dapat Dipisahkan dari Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus

HRD: NKRI Tidak dapat Dipisahkan dari Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus

- Advertisement -

GAGASANACEH.COM, BIREUEN – Anggota DPR RI Fraksi PKB, H Ruslan M Daud (HRD) melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika untuk masyarakat.

Menurut anggota DPR-RI, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Karena Empat Pilar Kebangsaan sebagai sokong guru atau pondasi dasar yang menentukan kokohnya sebuah banggunan,”Papar HRD di Rumah Aspirasi HRD, Cot Gapu Bireuen, (Selasa 16/3/2021).

Dilanjutkan HRD, Keberadaan NKRI tidak dapat dipisahkan dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, karena melalui peristiwa proklamasi tersebut bangsa Indonesia berhasil mendirikan negara. Sekaligus menyatakan, kepada dunia luar (bangsa lain) bahwa sejak saat itu telah ada negara baru yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI).

Dengan memahami Empat Pilar Kebangsaan, setiap warga Indonesia akan menjadi manusia yang berguna. Pancasila menjadi jawaban bagi rakyat Indonesia apabila menemui sebuah masalah dalam berkehidupan. Dengan memahami pancasila, kita berharap ada kerukunan dalam hidup dan setiap orang merasa nyaman dimanapun berada.

Pancasila menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa.

Adapun tujuan dari Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yaitu untuk memberikan pemahaman tentang penerapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, dan Bhinneka Tunggal Ika untuk menghargai perbedaan atau keragaman namun tetap bersatu dalam ikatan sebagai bangsa Indonesia,”sebut HRD dihadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.