BerandaGagasanForum Aceh Menulis Terbentuk di Aceh Jaya

Forum Aceh Menulis Terbentuk di Aceh Jaya

- Advertisement -

GAGASANACEH.COM – Dalam upaya memperkuat budaya literasi di kalangan intelektual dan pendidik, Forum Aceh Menulis (FAMe) Aceh Jaya dibentuk. Pembentukan Forum Aceh Menulis ini dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Senin (28/2)

Dalam rilis yang diterima gagasanaceh.com disebutkan, pembentukan Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Aceh Jaya diinisiasi oleh Ketua Lathifa Foundation, Lembaga Perdamaian dan Keadilan untuk Aceh (Peace and Justice), Maitanur, S.Pd, M.M dengan persetujuan pembina FAMe Aceh, Yarmen Dinamika.

Maitanur adalah salah seorang aktivis perempuan perdamaian Aceh kategori preventif yang giat juga dalam kegiatan tulis menulis termasuk Peace for Journalism.

Sebagai salah seorang anggota FAMe chapter Banda Aceh beliau berupaya menularkan gerakan literasi Aceh di Aceh Jaya bersama organisasi Ikatan Guru Indonesia  (IGI) Aceh Jaya yang diketuai oleh Bapak Maswadi, S.Pd.

Kegiatan ini juga dikoordinasikan dengan stake holder dinas pendidikan Aceh Jaya, Abu Bakar, S.Pd dan salah satu anggota DPRK Aceh Jaya Ketua Komisi D ibu Kasmalinda, juga dengan bapak Sa’dul Bahri dari media Serambi Indonesia di Aceh Jaya.

IGI Aceh Jaya sebelumnya bersama dinas pendidikan dan pemda Aceh Jaya juga telah melakukan beberapa program literasi seperti pelatihan menulis untuk guru, pelatihan sagusaku (satu guru satu buku) yang telah melahirkan beberapa buku, kegiatan lomba karya inovatif bagi guru, kegiatan MGMP dan KKG Aceh Jaya dan lain-lain.

Peserta FAMe Aceh Jaya yang akan terlibat dalam kepengurusan ini berasal dari beberapa unsur stake holder masyarakat baik dari dinas pendidikan, guru dan profesi lainnya. Tujuan pembentukan forum ini untuk menjadikan literasi yang telah ada menjadi lebih fokus dan terarah menghasilkan  produk-produk literasi yang lebih realistis bagi semua stake holder termasuk generasi muda.

Pembumian gerakan literasi ini akan dilakukan secara berjaringan dengan semua pihak yang terkait untuk meningkatkan minat baca dan menulis yang lebih profesional termasuk dengan pihak-pihak sekolah.

Sebagaimana FAMe daerah lainnya di Aceh, FAMe Aceh Jaya nantinya akan dibuka kelas menulisnya secara rutin sesuai dengan waktu dan hari yang disepakati bersama. Kelas ini akan dipandu oleh penulis-penulis hebat dan profesional yang berasal dari mancanegara, nasional, provinsi dan lokal secara simultan.

Para narasumber nantinya akan menyumbangkan ilmunya secara gratis. Kegiatan FAMe ini juga sebagai kelas belajar menulis gratis yang terbuka untuk umum di wilayah Aceh Jaya.

Dengan di bentuknya FAMe chapter Aceh Jaya ini diharapkan mendapat dukungan hangat dari semua pihak untuk pengembangan dan kreativitas literasi Aceh Jaya yang lebih baik sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini dapat melejit secara sistematis.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.