Dinas Pendidikan Aceh Gelar Rakor dan Sinkronisasi Program Pendidikan

0
459

Dinas Pendidikan Aceh menggelar Rakor dan Sinkronisasi Program Pendidikan Aceh Tahun Anggaran 2018-2019.

Acara tersebut menurut rencana dilaksanakan tanggal 11-14 Desember 2018 di Hotel Grand Aceh Syariah Banda Aceh. Peserta kegiatan ini adalah kepala dinas pendidikan kabupaten/kota se-Aceh, kepala Depag kabupaten/kota se-aceh, MPD kab/kota se-Aceh, Kepala Bidang Program Aceh, kasi atau kasubbag, kepala dinas cabang seAceh, perwakilan organisasi seperti IGI, Kobar GB, IGTKI, PGRI. Peserta seluruhnya ada 115 orang anggaran DPA SKPA 2018 pada manajemen dan pelayanan pendidikan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai evaluasi capaian penyelenggaraan pendidikan program tahun 2018, menyamakan persepsi tentang Qanun No 1 tahun 2018 dan konsolidasi stake holder dalam memajukan pendidikan di Aceh,” kata Syaridin, S.Pd, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Aceh saat membuka rapat tersebut secara langsung.

Berbagai permasalahan pendidikan Aceh dibahas di sini. Seperti kesejahteraan guru, mutu guru dan siswa, sarana prasarana, anggaran pendidikan, sistem kerja dan pelayanan, pemerataan dan pemetaan guru, rembukda, mulok yang sesuai kearifan lokal dan lain-lain.

Turut menjadi narasumber dari nasional Sumarna Surapranata, P.hD yang didampingi oleh Anas Adam. Materi yang di sampaikan tentang peningkatan kompetensi guru abad 21.

Dia mengatakan bahwa kompetensi abad 21 yang harus dikuasai adalah 1. Creative 2. Critical thinking 3. Collaboration 4. Communication, 5. Character 6. Cultural 7. Computer.

“7C tersebut sangat penting dikuasai oleh guru abad 21 dalam mendidik anak2 abad 21,” papar Sumarna. (km)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.