Dapat Bumbu dari Nek Neli, Mahasiswa KKN Unimal Buat Kerangka Tumbuhan Hidroponik

0
704
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh membuat kerangka penanaman tumbuhan Hidroponik, di Gampong Pulo Blang, Jumat (20/4).
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh membuat kerangka penanaman tumbuhan Hidroponik, Jumat (20/4).

GAGASANACEH.COM – Setelah dapatkan bambu dari warga Gampong Pulo Blang, mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 33 buat kerangka penanaman tumbuhan hidroponik.

Bambu tersebut didapat dari Nek Neli (72) dari kebun belakang rumahnya dengan harga 10.000 per batangnya.

“Awalnya bambu ini diberikan Nek Neli dengan cuma-cuma. Hanya saja setelah melihat kondisi kehidupan beliau, teman-teman mahasiswa akhirnya membeli dengan harga yang terbilang murah. Insya Allah bermanfaat untuk kedua belah pihak,” ujar Ira, mahasiswa Unimal kelompok 33, Jumat (20/4).

Kelompok KKN 33 ini mendapatkan tiga batang bambu berukuran 8 meter lebih untuk digunakan sebagai alat penanaman tumbuhan hidroponik yang akan ditumbuh kembangkan di daerah Pulo Blang untuk beberapa waktu ke depan.

Nurmala Sari, mahasiswa Unimal Jurusan Agribisnis mengatakan bahwa awalnya teman-teman melihat adanya potensi tumbuhan bambu yang hidup dengan puluhan rumpun di daerah Pulo Blang. Selain itu, ia juga mengatakan hal ini dilakukan sekaligus dengan pemanfaatan banyaknya limbah botol plastik yang berserakan dibeberapa tempat.

“Untuk daerah Pulo Blang, rumpun bambu yang hidup sangat banyak. Begitu juga dengan sampah botol yang seringkali dibuang secara sengaja. Jadi, daripada menjadi sampah, lebih baik kita manfaatkan menjadi sesuatu yang unik dan bermanfaat untuk warga,”ujar Mala.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa tanaman yang hendak di tanam adalah sayur-sayuran juga kol. Sehingga dengan adanya pembuatan kerangka tanaman ini, masyarakat pun lebih mementingkan akan penjagaan kesehatan mereka untuk waktu selanjutnya.

“Kita akan menanam kol dan berbagai macam sayuran. Sehingga masyarakat ke depan bisa mementingkan kesehatan mereka dan keluarganya ke depan,”pungkasnya.(Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.