Cegah Stunting di Desa, TPID Sawang Gelar Pelatihan PSDM

0
100
Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dalam rangka Pencegahan Stunting digelar oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sawang, Rabu (18/9).

GAGASANACEH.COM – Untuk pencegahan stunting di desa, puluhan kader desa dan perangkat desa dalam kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Pelatihan PSDM ini diikuti oleh 78 orang peserta dari 39 desa.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bahagian dari Program Inovasi Desa (PID) yang digelar oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara tahun 2019, Rabu (18/9).

Tujuan pelatihan ini agar Kader Pembangunan Manusia (KPM) memiliki kapasitas dalam melakukan pencegahan dan penanganan stunting di desa, diantaranya dalam melaksanakan validasi data batuta dan ibu hamil, melakukan advokasi atas hasil pengamatannya kepada pihak-pihak terkait seperti Aparat Desa dan pihak lainnya.

Pencegahan stunting merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional, sehingga semua pihak diminta untuk terlibat dalam melaksanakan pencegahan dan penanganan stunting melalui konvergensi pengelolaan kegiatan, program dan layanan.

Pada tahap pelaksanaan, konvergensi diarahkan pada upaya untuk melaksanakan intervensi gizi spesifik dan sensitif secara bersama dan terpadu di lokasi yang telah disepakati bersama, termasuk didalamnya mendorong penggunaan dana desa untuk percepatan pencegahan stunting dan mobilisasi Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Ketua TPID Kecamatan Sawang, Sumadi Arsyah mengatakan, kader akan dilatih dalam membantu masyarakat mengembangkan kapasitas. Dengan harapan, agar desa dapat menangani masalah yang dihadapi di desa secara efektif, salah satunya terkait penanganan kesehatan dan stunting di desa.

Kepada para kader desa diharapkan dapat memperjuangkan usulan prioritas kebutuhan masyarakat. Mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa serta menumbuhkembangkan prakarsa dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan di desanya.

Para pelatih PSDM terdiri dari Tenaga Ahli (TA) P3MD, Dinas Kesehatan, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara,”ujarnya Sumadi Arsyah.

Camat Sawang yang diwakili Sekcam Mazinuddin, S.Sos mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia menyebutkan dalam pembangunan pangan dan pencegahan stunting membutuhkan kalaborasi, butuh komitmen dan kerja sama masyarakat dan pemerintah. Baik di sektor kesehatan maupun non kesehatan.

Kepada peserta Sekcam berpesan agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan PSDM ini dengan serius, aktif bertanya jika ada hal yang masih kurang dimengerti, aktif berdiskusi sehingga dapat meningkatkan kemampuan kader desa dalam upaya pencegahan stunting di desa.(RD-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.