Cara Terbaru Mendapatkan Kartu Tani

0
2061
KARTU TANI

GAGASANACEH.COM –  Pemerintah melakukan kebijakan penyediaan pupuk bagi petani melalui subsidi harga pupuk. Namun dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan terkait pengawasan, pengadaan dan penyaluran pupuk.

Sementara itu, Kementerian Pertanian mewajibkan para petani mulai tahun 2020 untuk memiliki Kartu Tani. Dengan adanya Kartu Tani, para petani dapat digunakan untuk memperoleh pupuk bersubsidi dan manfaat lainnya. Namun, tidak semua orang dapat memegang Kartu Tani.

Lalu bagaimana cara mendapatkan Kartu Tani? Berikut penjelasannya.

Cara Mendapatkan Kartu Tani

  1. Calon pemegang harus tergabung dalam kelompok tani (Poktan).
  2. Petani harus melengkapi berkas fotokopi e-KTP dan Tanda Kepemilikan Tanah, bukti setoran pajak tanah, bukti sewa, dan anggota LMDH.
  3. Verifikasi RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok). Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) melakukan pendataan dan verifikasi data ke lapangan (NIK, luas lahan, komoditas, dan jenis pupuk) yang kemudian PPL meng-upload data petani ke dalam SINPI.
  4. PPL melakukan upload Data RDKK dan upload alokasi pupuk bersubsidi, serta petani harus hadir di bank yang telah ditentukan.
  5. Setelah selesai, petugas bank akan menyerahkan Kartu Tani dan Buku Tabungan kepada petani untuk melakukan pembelian pupuk bersubsidi.

Demikian tentang Cara Mendapatkan Kartu Tani. Para petani yang akan membeli pupuk subsidi tinggal membawa Kartu Tani ke kios yang dirujuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.