Sidang Skripsi Perdana Prodi Seni Rupa Murni ISBI Aceh

0
178

Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI) Aceh merupakan Perguruan Tinggi Negeri Baru yang baru hadir pada tahun 2014 di Kota Jantho Aceh Besar. Kampus ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk melahirkan para kritikus, seniman dan budayawan berbasis akademik.

Saat ini, ISBI Aceh baru mengembangkan dua Jurusan yaitu Jurusan Seni Rupa dan Desain, dan Jurusan Pertunjukan, dari dua jurusan tersebut terdapat enam Program Studi untuk S1, di antaranya; Prodi Seni Rupa Murni, Seni Kriya, Seni Desain Komunikasi Visual yang berada di bawah Jurusan Seni Rupa dan Desain. Sedangkan Seni Karawitan (Seni Musik), Seni Teater, dan Seni Tari berada di bawah Jurusan Seni Pertunjukan.

Prodi Seni Rupa Murni adalah salah satu Program Studi yang berada di bawah Jurusan Seni Rupa dan Desain. Pada Rabu pagi, 6 Maret 2019 Prodi Seni Rupa Murni melaksanakan Sidang Skripsi Mahasiswa perdana secara tertutup di Ruang Sidang Jurusan Seni Rupa dan Desain ISBI Aceh.

Sidang skripsi perdana mahasiswa tersebut diikuti oleh Lisa Mardhatillah setelah menyelesaikan tugas akhir di bidang pengkajian seni rupa murni dengan mengangkat judul skripsi ‘Ukiran Kaligrafi Islam Pada Rumoh Aceh Cek Mat Rahmani Desa Lubok Ukon Kec. Ingin Jaya Aceh Besar (kajian Estetika).

Sidang tersebut diuji oleh empat orang dosen penguji yakni Anni Kholilah, M.Sn sebagai penguji I, Reza Sastra Wijaya, M.Sn sebagai penguji II, Hatmi Negria Taruan, M.Sn Sebagai pembimbing I sekaligus penguji, dan Zahrul Fadhi, M.A sebagai pembimbing II sekaligus sebagai penguji.

Dalam persidangan, Lisa Mardhatillah berhasil mempertahankan hasil penelitiannya dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Besar harapan dari koordinator Prodi Seni Rupa Murni agar setelah lulus dari kampus ISBI mahasiswa dapat menjaga almater, dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan keilmuan seni dan budaya. Disamping itu, ia juga berharap setelah lulus jenjang S-1, agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Demikian disampaikan Anni Kholilah, M.Sn selaku Koordinator Prodi Seni Rupa ISBI Aceh kepada Gagasan Aceh pada Jumat (8/3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here