Plt Gubernur Aceh Buka Jambore PKK

0
182
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah

Banda Aceh– Pengurus PKK Aceh periode 2017-2022 menyelenggarakan Kegiatan Jambore Kader PKK Aceh 2018. Acara ini dibuka langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 10-12 Oktober 2018 ini dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Selain Plt Gubernur, dalam pembukaan acara itu turut hadir Kepala Finas DPMG Aceh, Wakil Ketua 1 PKK Aceh DR. Ir. Diah Erty, M.T, Bupati Aceh Selatan, para Ketua PKK kabupaten /kota, pengurus kabupaten /kota se-Aceh dan para kader masing-masing 15 orang perkabupaten/kota. Sementara peserta yang hadir mengikuti acara ini berjumlah 400 orang.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan beberapa perlombaan, di antaranya lomba defile yel-yel PKK, lomba tari gembira, lomba team work, lomba pidato, lomba rangking 1, kontes buah, zikir akbar dan PIS PKK.

Tema kegiatan ini “PKK Menggerakkan Kehidupan Berkoperasi Sebagai Pilar Ekonomi Kerakyatan.”

Dalam sambutannya Plt.Gubernur Aceh berharap kegiatan Jambore PKK harus sukses dalam membantu meningkatkan kualitas keluarga termasuk isu stanting dan mengentaskan atau mengurangi angka kemiskinan melalui 10 program pokok PKK khususnya dalam bidang ekonomi dengan memaksimalkan peran koperasi, meningkatkan jumlah koperasi aktif agar kesejahteraan semakin dekat dengan kita dalam mewujudkan bangsa yang tangguh.

Nova juga berharap Jambore kader PKK ini menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas diri kader PKK yang memiliki tugas melakukan penyuluhan, menggerakkan 10 program pokok PKK dan pencatatan sederhana dalam pembangunan sebagai mitra pemerintah.

Sementara Wakil Ketua PKK Provinsi Aceh, DR. Ir. Diah Erty Idawati, M.T mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil Rakernas PKK ke 8 tahun 2015, surat Ketua TP PKK Aceh 2018 No. 173/SKR/PKK.Prov/IX/2018 tanggal 25 September 2018 perihal: kegiatan jambore kader PKL tingkat provinsi Aceh tahun 2018.

Diah Erty menyampaikan bahwa tujuan jambore ini adalah: meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam gerakan PKK dengan 10 program pokok PKKnya; memberikan motivasi dan penghargaan bagi kader yang telah bekerja secara ikhlas dan suka rela; mengembangkan potensi dan kreativitas kader PKK; dan membangun kebersamaan kader PKK untuk meningkatkan keakraban antar seluruh kader PKK se-Aceh.

Menurut panitia, dana pelaksanaan kegiatan ini berasal dari DPA DPMG Aceh 2018. Diah selaku panitia mengatakan, tema Jambore ini disamakan dengan isu Jambore PKK Nasional untuk fokus pada pemberdayaan ekonomi dan kehidupan berkoperasi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. (km)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here