PKK Aceh dan Dinkes Talk Show di TVRI

0
124

Banda Aceh– PKK Aceh bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Aceh melakukan talk show Cegah Stunting di Stasiun TVRI Banda Aceh pada Rabu kemarin (6/3). Acara berlangsung dari pukul 16.00 sampai 17.00 Wib.

Hadir sebagai narasumber DR. Ir. Diah Erty Idawati, MT selaku wakil ketua 1 TP PKK Aceh, Dr. Hanif Kepala Dinas Kesehatan Aceh dan Dr. Yuslinar, Sp.A dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Ketiga narasumber ini memaparkan materi cegah stunting dari sudut pandang organisasi atau lembaga masing-masing. Kemudian dilanjutkan dialog tanya jawab dengan pemirsa yang turut bergabung dalam talk show ini.

Menurut Diah, stunting saat ini dialami oleh anak Aceh hampir mencapai 40 persen, artinya dalam 10 anak 4 di antaranya mengalami stunting. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi terhadap anak termasuk 1000 hari pertama. Sedangkan Hanif menyatakan bahwa perilaku dan gaya hidup orang Aceh saat ini harus diubah agar anak-anak menjadi sehat dan tidak stunting. Kalau perlu membuat program rangkang atau khanduri gizi buat anak di gampong-gampong bukan hanya khanduri buat bapak-bapak atau pun ibu-ibu.

Sementara Yuslinar mengatakan pentingnya mengawasi tumbuh kembang anak melalui buku KIA agar tanda-tanda stunting dapat dikenali lebih awal dan rajin harus rajin datang ke Posyandu tiap bulannya di desa atau puskesmas terdekat (km).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here