ISBI Aceh Gelar Pameran Seni Rupa dan Desain

0
132

Banda Aceh — Dalam rangka kegiatan peringatan milad ke-4 atau Dies Natalis Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menggelar beragam kegiatan Seni dan Budaya. Salah satunya adalah Pameran Seni dan Desain yang digagas oleh para dosen dari Jurusan Seni Rupa dan Desain selama dua hari sejak 10-11 Desember 2018 di Kampus A ISBI Aceh.

Pameran Seni Rupa dan Desain tahun ini bertemakan ‘Ekspresi dalam Expressi(L)o’ memamerkan beberapa karya seni yang diciptakan oleh dosen dan mahasiswa dari tiga Program Studi yang ada di Jurusan Seni Rupa dan Desain yakni Program Studi Seni Rupa Murni, Program Studi Kriya, dan Program Studi Desain Grafis. Ketiganya menampilkan karya seni dalam bentuk 2 dan 3 dimensi.

Pameran tersebut bertujuan sebagai ajang memperkenalkan hasil karya seni yang ciptakan oleh seniman kampus ISBI Aceh yang selama ini masih jarang terekspose. Sementara, para seniman kampus ISBI Aceh telah banyak melahirkan karya-karya besar dalam bentuk seni rupa dan desain, bahkan pada bulan Oktober lalu, salah satu mahasiswa Prodi Seni Murni berhasil mendapatkan juara pertama lomba lukis pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Rektor ISBI Aceh, Dr. Mirza Irwansyah, MBA., M.LA menyampaikan; karya seni dapat dilihat sebagai sistem organik yang dijadikan sebagai satu kesatuan organis antara gagasan dan ide. ISBI Aceh sebagai Intitusi Seni dan Budaya yang hadir di Aceh diharapkan mampu menjadikan laboratorium seni dan budaya bagi masyarakat Aceh dan dunia luar, serta diharapkan mampu menumbuhkembangkan keilmuan seni dan budaya baik diranah teoritis maupun aplikatif di dalam masyarakat. Untuk itu, segala bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus ISBI adalah sebagai bentuk dari upaya untuk memajukan seni dan budaya Aceh.

Demikian disampaikan Hatmi Negria, M.Sn selaku Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain dalam siaran persnya kepada Gagasan Aceh pada Selasa sore (11/12). (km)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here