Banjir Aceh Utara Terus Meluas, Matangkuli dan Pirak Timu Paling Parah

0
218
Banjir di depan Mapolsek, Senin (4/12/2017) / Foto: Serambi Indonesia

GAGASANACEH.COM – Banjir akibat luapan air sejumlah sungai di Kabupaten Aceh Utara terus meluas ke delapan kecamatan. Delapan kecamatan itu, yakni Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Paya Bakong, Lhoksukon, Langkahan, Syamtalira Aron dan Samudera.

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan di kawasan Bener Meriah dan Aceh Utara.

Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Aceh Utara, juga diakibatkan tingginya curah hujan dan menyebabkan meluapnya Sungai Keuruto, Sungai Pirak, Sungai Peutoe, Sungai Pase dan Sungai Jambo Aye.

Berdasarkan pantauan, kecamatan yang paling parah digenangi air yaitu Matangkuli dan Pirak Timu. Bila curah hujang terus meningkat, tidak tertutup kemungkinan banjir akan ada beberapa kecamatan lagi yang teredam.

Berdasarkan data sementara dari BDPB Aceh Utara, hingga kemaren siang, sudah terdata sekitar 1.259 warga dari 343 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi. Jumlah pengungsi diprediksikan akan terus bertambah.

Tim BDBD Aceh Utara telah disiagakan disejumlah titik, apakah ada penambakan kecamatan. Kita tunggu rekap dari tim lapangan,” ujar Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here