Aceh Termiskin di Sumatera, Faisal Ridha: Ini Tamparan Keras bagi Pemerintah Aceh

0
306
Faisal Ridha

GAGASANACEH.COM –  Ketua Gerbang Tani Aceh yang juga Caleg DPR RI Dapil Aceh 2 dari PKB, Faisal Ridha, S. Ag., MM menyebut kesejahteraan petani dan nelayan akan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Menurutnya, Aceh saat ini menjadi provinsi nomor satu termiskin di Sumatera berdasarkan laporan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh. Sementara di tingkat Nasional, Aceh menempati posisi ke enam se-Indonesia.

“Jumlah penduduk miskin di Aceh mencapai 15,68 persen atau mencapai angka 831 ribu orang. Ini aneh, sebab Aceh dikenal sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian dan kelautan yang luas,” kata Faisal.

“Namun, lanjut Faisal, “petani dan nelayan Aceh sampai hari ini belum sesejahtera yang diharapkan. Tidak stabilnya harga bahan pokok di pasar, kenaikan pajak, tingginya harga BBM, dan listrik dapat menjadi penyebab keterpurukan ekonomi masyarakat.”

Menurut mantan antivis Aceh ini, dinobatkannya Aceh sebagai provinsi termiskin se-Sumatera menjadi tamparan keras bagi pemerintah Aceh.

“Agar masyarakat Aceh jauh dari kemiskinan, pemerintah harus memerhatikan kesejahteraan petani dan nelayan dengan cara mendorong meningkatkan produktivitas sektor pertanian, memanfaatkan hasil laut dengan sebaik mungkin, menjaga stabilitas harga di pasar, menjaga iklim investasi, menjaga regulasi perdagangan, memperhatikan kebijakan impor, serta mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah yang ada di Aceh secara menyeluruh. Dengan demikian, nantinya Aceh kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi, sehingga tidak akan dinobatkan sebagai provinsi termiskin se-Indonesia oleh karena petani dan nelayan Aceh adalah sebagai tonggak yang harus diperhatikan bersama,” demikian Faisal Ridha menutup pernyataannya (km).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here